Berapa Kalori Seporsi Nasi Yang Dimakan Setiap Hari

Berapa Kalori Seporsi Nasi Yang Dimakan Setiap Hari

aocrp-4.org – Berapa Kalori Seporsi Nasi Yang Dimakan Setiap Hari.Makan siang masyarakat Indonesia rasanya tidak lengkap tanpa sepiring nasi putih. Sebagai sumber karbohidrat, kita mendapat energi dari nasi putih —tentunya ditambah lauk pauk, sayuran, dan daging untuk gizi seimbang. Namun,tahukah kamu berapa kalori nasi putih yang kita makan setiap hari?

Menurut Departemen Kesehatan AS, jumlah keperluan asupan kalori setiap orang berbeda-beda, tergantung pada usia dan tingkat aktivitas. Namun, umumnya, laki-laki dewasa membutuhkan 2.000-3.000 kalori per hari, sementara perempuan dewasa membutuhkan sekitar 1.600-2.400 —untuk menjaga berat badan.

Hal ini tentu berbeda jika kamu ingin menambah berat badan atau mengurangi berat badan. Maka dari itu, penting rasanya untuk mengetahui jumlah kalori makanan kita sehari-hari. Untuk satu kali makan, 100 gram nasi putih (porsi dua centong penuh atau tiga centong datar) mengandung 400 kalori untuk tubuh.

 

Berapa Kalori Seporsi Nasi Yang Dimakan Setiap Hari

 

Nah, 400 kalori dari nasi putih yang kamu konsumsi juga bisa bertambah saat mengonsumsi lauk pauk lain. Untuk 100 gram sayuran matang atau rebus (bayam, kangkung, daun singkong, labu siam, dan lain-lain), kamu akan menambah 50 kalori kebutuhan sehari-hari.

Selain sayur, satu potong daging sapi 40 gram akan menambah 95 kalori —sama dengan satu potong ayam, ikan segar 50 gram, 10 butir bakso yang bisa kamu pilih. Satu butir telur ayam atau bebek 60 gram juga mengandung kalori yang sama, lho!

Setelah makan, kamu bisa menambah asupan kalori dengan buah-buahan juga. Dua butir jeruk seberat 100 gram akan memberi asupan 40-80 kalori, bergantung pada banyaknya kandungan air di dalamnya. Jangan lupa, tutup makan siang kamu dengan segelas air —untuk mengisi kebutuhan air harian.

Jika dihitung, maka total makan siang kamu (satu piring nasi putih, 100 gram sayuran matang, 40 gram daging sapi, satu butir telur) kira-kira mengandung 605 kalori, dengan tambahan 50 kalori dari jeruk segar. Bila kamu ingin menjaga berat badan, porsi makan siang ini sudah bisa membantu kamu.

 

Dibuat oleh – Cahyono Aocrp-4.org

You may also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *