Tips Menghitung Dana Darurat Yang Ideal

Tips Menghitung Dana Darurat Yang Ideal

aocrp-4.org – Tips Menghitung Dana Darurat Yang Ideal.Maraknya edukasi tentang dana darurat bukan tanpa alasan. Dana darurat dapat membantu setiap orang untuk memitigasi risiko jika dihadapi dengan pengurangan atau hilangnya pendapatan.

Namun sayangnya, hanya sedikit dari warga Indonesia yang memiliki dana darurat dalam jumlah ideal.

Berdasarkan data yang dihimpun program konsultasi keuangan Lifepal dari awal Januari 2021, hanya 9,3 persen dari 500 partisipan program ini yang memiliki dana darurat dalam jumlah ideal. Sementara itu, 90,7 persen lainnya dinyatakan tidak memenuhi standar minimum.

Untuk menghitung berapa besar dana darurat ideal, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan.

1. Besaran dana darurat bergantung pada kondisi pengeluaran

Seseorang yang berusia muda, lajang, produktif, dan tidak memiliki tanggungan tentu cukup dengan dana darurat yang setara 3 kali pengeluaran bulanan.

Namun mengingat pandemi mengakibatkan ketidakpastian ekonomi yang berimbas pada tingginya risiko pemutusan hubungan kerja (PHK), maka sangat disarankan bagi siapapun (termasuk lajang) untuk menambah ketersediaan dana darurat sebesar 50% hingga 120% dari persediaan awal.

Tips Menghitung Dana Darurat Yang Ideal

2. Saat dana darurat tak cukup, maka seorang terpaksa berhutang

Ketika seorang kehilangan pekerjaan dan hanya memiliki dana darurat untuk satu bulan saja, maka satu-satunya cara untuk bisa memenuhi kebutuhan di bulan selanjutnya adalah dengan cara berhutang.

Tanpa disadari dengan adanya utang, maka akan muncul pengeluaran pasif bersifat wajib yang harus dibayar.

3. Mengumpulkan dana darurat bisa dilakukan dengan menyisihkan 10 persen dari penghasilan

Jika dana darurat Anda dinilai kurang, alokasikan saja dana minimal 10 persen dari penghasilan bulanan untuk mengumpulkannya.

Apabila Anda menginginkan proses pengumpulan yang cepat, maka tidaklah salah untuk mengalokasikan dana 30 persen dari penghasilan, dengan catatan proses menabung ini tidak memberatkan Anda.

Bila Anda harus mengurangi pengeluaran untuk menabung dana darurat, kurangilah pengeluaran yang bersifat keinginan, bukan yang wajib atau butuh.

 

Dibuat oleh – Cahyono Aocrp-4.org

You may also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *