Kebiasaan Yang Bisa Memperburuk Kondisi Jerawatmu

Kebiasaan Yang Bisa Memperburuk Kondisi Jerawatmu

aocrp-4.org – Kebiasaan Yang Bisa Memperburuk Kondisi Jerawatmu.Jerawat adalah salah satu permasalahan kulit yang mungkin paling menjengkelkan buatmu. Terlebih jika jerawat tersebut sangat banyak bermunculan dan memiliki ukuran yang besar. Pasti kamu bingung mencari cara untuk segera menghilangkan jerawat tersebut dari kulitmu.

Well, jerawat memang permasalahan utama bagi sebagian besar wanita. Untuk menghilangkannya tentu membutuhkan waktu yang tidak sebentar, sehingga menuntutmu untuk sabar dan telaten mengobati jerawat. Nah, agar jerawat di kulit cepat sembuh dan tidak bertambah buruk kondisinya, kamu perlu menghindari kebiasaan berikut.

Memencet Jerawat

Ketika memiliki jerawat, tanganmu pasti gatal alias tidak tahan untuk memencetnya agar cepat kempes. Padahal kamu tidak diperbolehkan memencet jerawat secara sembarangan lho Ladies. Memencet jerawat justru akan membuat bakteri penyebab jerawat tersebar dan menimbulkan jerawat baru di area lain kulitmu.

Memencet jerawat juga berpotensi membuat bekas jerawat susah hilang dan bahkan menimbulkan bopeng. Asal kamu tahu, bopeng sangat sulit dihilangkan lho. Perlu treatment khusus untuk menyamarkan bopeng di kulit wajah.

Memakai Make Up Tebal

Ketika kulit sedang timbul banyak jerawat, lebih baik kamu menghindari riasan tebal untuk sementara waktu sampai jerawatmu sembuh. Sebab riasan yang tebal mampu menutup pori-pori kulit sehingga minyak dan kulit mati di wajah akan tersumbat dan berpotensi menimbulkan jerawat baru.

Jika ingin menggunakan make up lebih baik gunakan riasan yang tipis dan gunakan bedak tabur yang bisa menyerap minyak. Sehabis beraktivitas jangan lupa untuk menghapus make up dengan bersih ya.

 

Kebiasaan Yang Bisa Memperburuk Kondisi Jerawatmu

 

Tidak Menjaga Kebersihan

Kamu wajib menjaga kebersihan semua hal yang melakukan kontak dengan wajah terutama tangan. Dalam sehari secara tidak sadar kamu mungkin menyentuh kulit wajah sebanyak puluhan kali. Agar bakteri yang ada di tangan tidak mengenai jerawat yang ada di wajah, lebih baik kamu sering cuci tangan atau paling bagus tidak perlu sering-sering menyentuh kulit wajah.

Kamu juga harus menjaga kulit wajah dari layar handphone sebab layar handphone juga berpotensi menjadi sarang bakteri sebab sering disentuh oleh tangan. Selain itu, gunakan sarung bantal yang bersih ketika tidur sebab kulit wajah sering bersentuhan dengan sarung bantal.

Rambut yang Kotor

Minyak alami yang dihasilkan rambut bisa membuat debu menempel sehingga kulit kepala dan rambut cepat kotor. Minyak dari rambut tersebut bisa memperparah jerawat bila mengenai kulit wajah. Sebab minyak dan kotoran dari rambut bisa menutup pori-pori kulit dan membuat jerawat lebih parah. Sebaiknya kamu menjaga kebersihan rambut dengan keramas minimal 2 hari sekali.

Terlalu Sering Cuci Muka

Meskipun cuci muka bagus untuk menjaga kebersihan kulit, bukan berarti kamu bisa mencuci muka dengan sering ya Ladies. Lebih baik cuci muka secara rutin pagi dan malam sebelum tidur saja.

Sebab jika terlalu sering mencuci muka, maka kulit akan kehilangan minyak alami yang biasanya berfungsi untuk melembabkan wajah. Selain itu cuci muka terlalu sering bisa membuat kulit menjadi kering dan timbul iritasi sehingga memperparah jerawat yang ada di kulit wajahmu.

Konsumsi Makanan Tidak Sehat

Jika kamu sudah menjaga kebersihan dan melakukan treatment untuk mengurangi jerawat namun belum membuahkan hasil, maka kamu perlu memperhatikan makanan yang kamu konsumsi. Jika konsumsi makananmu masih banyak yang mengandung minyak dan gula, maka kamu harus segera beralih ke menu makanan yang lebih sehat, sebab makanan yang berminyak dan manis dapat memperparah jerawatmu.

 

Dibuat oleh – Cahyono Aocrp-4.org

You may also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *