Tidak Bisa “Me Time” Karena Masih Hidup Bareng Keluarga

Tidak Bisa "Me Time" Karena Masih Hidup Bareng Keluarga

aocrp-4.org – Tidak Bisa “Me Time” Karena Masih Hidup Bareng Keluarga.Kata me time sudah trend sejak beberapa tahun yang lalu, dimana seseorang menghabiskan waktunya sendirian dengan kegiatan yang disenangi. Sejak tahun lalu, pandemi membuat banyak orang semakin mendapatkan tekanan dan berakibat pada stress.

Waktu me time bisa jadi solusi untuk meringankan beban pikiran dan mendapatkan ketenangan. Namun banyak orang mengalami kesulitan me time karena masih tinggal bersama banyak orang. Sedangkan tidak bisa keluar rumah, jadi harus melakukannya di dalam rumah. Ada beberapa cara yang bisa diikuti untuk me time walaupun tidak hidup sendirian seperti berikut.

Bangun lebih pagi

Pertama yang harus dilakukan adalah memberitahu orang rumah jika ingin melakukan me time. Sehingga tidak merasa terganggu dan orang di sekitar akan memberikan ruang sendiri. Setelah itu, cobalah bangun lebih pagi dari biasanya sebelum orang rumah beraktivitas.

Dengan ini bisa menikmati beberapa menit kedamaian dan ketenangan untuk diri sendiri. Misalnya bangun 30 menit lebih awal lalu buat sarapan, membaca buku, sambil mendengarkan musik.

 

Tidak Bisa “Me Time” Karena Masih Hidup Bareng Keluarga

 

Siapkan ruangan sendiri

Setiap orang memiliki kamar sendiri sebagai ruang privacy. Cobalah melakukan banyak hal yang bisa mengisi energi dan memberikan ketenangan. Minta orang rumah agar tidak mengganggu selama sehari saja. Jika memang ada hal darurat, bisa hubungi lewat handphone atau mengetuk pintu tanpa masuk kamar. Selama di kamar bisa melakukan hal yang selama ini ingin dilakukan.

Jalan-jalan di luar ruang

Menghirup udara segar adalah hal yang baik untuk jiwa dan raga. Selain itu, bisa meluangkan waktu untuk sendirian. Namun jangan hanya berjalan saja, buatlah waktu untuk terhubung dengan diri sendiri. Misalnya berjalan sambil mendengarkan podcast tentang self love atau lagu yang bisa membuat semangat kembali. Jangan lupa memakai maker, tetap terhidrasi, dan jaga kebersihan.

Buat ritual pagi atau sore

Saat melakukan me time, buatlah ritual pagi atau sore sesuai dengan waktu luang. Apapun rutinitas memanjakan atau relaksasi diri, jadikanlah sebagai ritual. Hal ini dijadikan alasan untuk menutup pintu dan melarikan diri dari dunia sementara waktu. Ada banyak kegiatan yang bisa dijadikan ritual, misalnya, berendam, menulis jurnal, menyalakan aroma terapi, memakai masker wajah, hingga mencicipi teh.

 

Dibuat oleh – Cahyono Aocrp-4.org

You may also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *