Sarapan Paling Buruk Bagi Penderita Diabetes

Sarapan Paling Buruk Bagi Penderita Diabetes

aocrp-4.org – Sarapan Paling Buruk Bagi Penderita Diabetes.Bagi penderita diabetes, sangat penting untuk memperhatikan keseimbangan makanan yang tepat antara karbohidrat, protein, dan lemak di pagi hari. Hal itu akan membantu memulai hari dengan sehat dan menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Meski banyak makanan bergizi untuk sarapan, namun itu bisa jadi tidak sehat untuk gula darah dan jantung. Melansir laman Eating Well pada Rabu (19/11), berikut 10 pilihan sarapan yang perlu dibatasi bagi pengidap diabetes.

 

1. Bagel dan krim keju

Menurut Toby Smithson, Ahli Diabetes Lifestyle, bagel dapat menambahkan lebih dari 50 gram karbohidrat jika dimakan untuk sarapan. Krim keju juga tidak direkomendasikan, sebab mengandung karbohidrat dan lemak jenuh.

“Jangan tertipu dengan krim keju, karena di dalamnya hanya ada sedikit atau bahkan tidak ada protein. Secara keseluruhan, makanan ini mengandung banyak karbohidrat dan lemak jenuh,” kata Smithson.

 

2. Muffin yang dibeli di toko

Menurut ahli diet terdaftar, Dana Angelo White, muffin dari toko tidak ideal untuk mengontrol kadar glukosa darah di pagi hari. Muffin biasanya dibuat dari biji-bijian olahan. Dan jika dipasangkan dengan tambahan gula, Anda akan mendapatkan banyak karbohidrat tanpa banyak nutrisi.

 

3. Sosis dan telur

Jika Anda mencari sarapan rendah karbohidrat, Anda dapat memilih sosis dan telur. Tetapi total gram lemak jenuh dalam sarapan yang biasa Anda makan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Alasannya, kata Smithson, karena penderita diabetes berada pada risiko yang lebih tinggi untuk penyakit jantung. Menurut American Heart Association, menurunkan jumlah lemak jenuh dalam makanan dapat membantu menurunkan kolesterol dan risiko penyakit jantung.

 

4. Sereal manis

Ahli diet, Melissa Halas mengatakan bahwa mengonsumsi sereal manis tidak ideal untuk penderita diabetes. “Dikhawatirkan Anda akan memakannya lebih dari porsi yang disarankan. Plus, sereal berserat tinggi pun sering kali dikemas dengan gula,” kata Halas.

 

 

Sarapan Paling Buruk Bagi Penderita Diabetes

 

 

5. Yogurt manis

Yogurt yang ditambahi buah atau perasa juga bisa memiliki tambahan gula yang cukup banyak, yang bisa meningkatkan kadar gula darah. Meski yogurt memang mengandung protein, yogurt juga mengandung gula dalam bentuk laktosa.

 

6. Kue manis

Donat, croissant, dan roti kayu manis mungkin begitu menggiurkan untuk disantap kala sarapan. Tetapi roti tersebut berisi tambahan gula yang dapat meningkatkan kadar gula darah.

Selain itu, roti tersebut juga sering kali tinggi lemak jenuhnya, yang dikaitkan dengan penyakit jantung. Orang dengan diabetes memiliki risiko lebih tinggi untuk terkena penyakit jantung dan disarankan untuk meminimalkan konsumsi lemak jenuhnya.

 

7. Buah segar

Membuat jus buah untuk sarapan pagi mungkin tampak seperti pilihan yang sehat. Namun, jus buah dapat memiliki gram karbohidrat sebanyak soda biasa dan menyebabkan kadar gula darah Anda meningkat. Satu gelas jus jeruk (8 ons) mengandung 28 gram karbohidrat, 22 gram gula dan minus serat. Ini sangat cepat dicerna dan tidak akan membantu Anda kenyang, seperti makan buah.

 

8. Pancake

Setumpuk pancake yang ditaburi mentega dan sirup maple, memang enak tapi belum tentu menjadi pilihan terbaik jika Anda menderita diabetes. Porsi besar mentega di atasnya, membuat sarapan pancake lebih tinggi lemak jenuhnya.

 

9. Smoothie buah

Smoothie buah terdengar sehat tetapi cenderung memiliki beberapa porsi buah dan dapat meningkatkan kadar gula darah dengan cepat bagi penderita diabetes. Tidak hanya karena banyak karbohidrat dan gula, tetapi smoothie buah sering disantap dengan sangat cepat dan tidak selalu memiliki keseimbangan antara lemak dan protein yang sehat untuk memperlambat penyerapan gula.

 

10. Breakfast bar

Meskipun mungkin cepat dan mudah, makanan yang tersedia di breakfast bar kebanyakan mengandung gula dan karbohidrat. Biasanya dibuat dengan biji-bijian olahan dan banyak gula, dan meskipun memiliki rasa buah tidak banyak buah asli. Jadi mengambilnya dapat menyebabkan kadar gula darah Anda naik dengan cepat.

 

Dibuat oleh – Cahyono Aocrp-4.org

You may also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *