Manfaat Tomat Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Tomat Untuk Kesehatan Tubuh

aocrp-4.org Manfaat Tomat Untuk Kesehatan Tubuh.Di tengah kondisi COVID-19, penting untuk memperbanyak konsumsi buah dan sayuran sehat bagi daya tahan tubuh. Just so you know, tomat adalah salah satu buah yang paling kaya nutrisi yang tidak hanya baik untuk kesehatan, tetapi juga bagi kecantikan kulitmu!

Buah tomat kaya akan sejenis antioksidan bernama lycopene yang baik untuk kesehatan serta kecantikan kulit, juga mengandung vitamin C, potasium, folat, vitamin K dan banyak vitamin lainnya. Berikut 8 manfaat tomat yang wajib kamu ketahui.

1. Menyehatkan jantung

Riset membuktikan bahwa beta-carotene dan lycopene dalam tomat dapat membantu menurunkan kolestrol buruk, mencegah inflamasi, melindungi lapisan pembuluh darah, dan menurunkan resiko sakit jantung serta stroke.

2. Mencegah sakit kanker

Berbagai studi telah menghubungkan konsumsi buah tomat dengan penurunan resiko kanker prostat, paru-paru, serta perut. Sebuah studi juga menunjukkan bahwa konsumsi carotenoid dapat membantu melindungi wanita dari kanker payudara, serta kandungan lycopene memiliki properti anti-carcinogenic yang dapat mengontrol pertumbuhan sel kanker.

3. Mendukung kesehatan kulit

Apakah kamu tahu bahwa lycopene sering dipakai dalam produk skincare untuk mempercantik kulit? Yes, antioksidan ini terbukti dapat mencegah skin photodamage serta kulit terbakar, juga mengandung potasium dan vitamin C yang dapat membantu mencerahkan kulit.

Manfaat Tomat Untuk Kesehatan Tubuh.

 

4. Meningkatkan imunitas tubuh

Tomat kaya akan vitamin C yang berguna untuk meningkatkan imunitas tubuh. Vitamin C juga dapat membantu mengontrol hormon yang diakibatkan oleh stres.

5. Menjaga kulit agar awet muda

Studi pada tahun 2011 menunjukkan bahwa kombinasi buah tomat dan minyak zaitun dapat melindungi kulit dari sinar matahari UV, juga meningkatkan produksi pro-collagen dalam tubuh yang berguna untuk menjaga kekencangan kulit. Jika ingin memaksimalkan konsenstrasi lycopene dalam tomat, buah ini perlu dimasak dahulu sebelum dikonsumsi. Tidak ingin repot memasak?

6. Meningkatkan kesehatan mata

Kandungan lycopene, lutein dan beta-carotene dalam tomat dapat berkontribusi ke kesehatan mata. Menurut berbagai riset, ketiga nutrisi tersebut mendukung ketajaman mata dan membantu mencegah katarak.

7. Melancarkan saluran pencernaan

Kandungan air dan serat dalam tomat dapat membantu jika kamu sering mengalami masalah BAB. Namun jika kamu menderita maag, ingat untuk membatasi konsumsi karena tomat memiliki sifat acidic yang dapat memperburuk refluks asam.

8. Menjaga kadar gula darah

Buah tomat mengandung mineral bernama chromium yang bekerja untuk mengatasi kadar gula darah. Karena ini, jika kamu menderita diabetes, ini salah satu buah yang sebaiknya dikonsumsi secara rutin.

 

Dibuat oleh – Cahyono Aocrp-4.org

You may also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *