Tips Menghitung Anggaran Buat Pernikahan

Tips Menghitung Anggaran Buat Pernikahan

aocrp-4.org – Tips Menghitung Anggaran Buat Pernikahan.Banyak orang menginginkan acara pernikahan digelar dengan pesta atau resepsidengan jumlah tamu, pemilihan lokasi, jenis hidangan, dan tipe pesta yang sesuai dengan anggaran. Bahkan, sebagian tak ingin sampai berutang.

Senior Manager Business Development Sequis Life, Yan Ardhianto Handoyo, mengungkapkan jika belum yakin dengan anggaran yang sedang siapkan,

maka rincian anggaran biaya pernikahan yang rasional bisa digunakan sebagai panduan. Rinciannya yaitu 40 persen

biaya konsumsi, 20 persen dekorasi, 5 persen akad nikah atau pemberkatan.

Kemudian, masing-masing 8 persen untuk biaya pakaian, tempat, dan dokumentasi, masing-masing 3 persen untuk biaya cendera mata dan undangan, serta 5 persen untuk biaya lain.

Yan juga menyarankan agar menyisihkan kurang lebih 10 persen dari total anggaran untuk biaya tak terduga karena kebanyakan pesta pernikahan membutuhkan tambahan biaya sebesar 10-15 persen.

 

Tips Menghitung Anggaran Buat Pernikahan

 

Dia mencontohkan untuk keperluan resepsi, anggaran untuk keperluan katering 40 persen dari dana pesta untuk keperluan makanan pondokan atau gubukan,

sebagian lagi untuk kue pengantin, atau kue-kue ringan sehingga untuk pesta dengan konsep buffet, presentasenya bisa jadi akan lebih besar.

Bagaimana jika sudah melakukan perencanaan anggaran dan angkanya terlihat sangat besar dan membuat kita menjadi tidak yakin?

Yan menyarankan agar meninjau lagi anggaran pernikahan, yaitu memilih mana yang bisa dikurangi dan mana yang bisa dihilangkan.

Dia mencontohkan bila kompensasi biaya videografi lebih besar dari perkiraan, maka calon pengantin bisa meniadakan bilik foto dan

hanya menyediakan pojok foto dengan dekorasi sederhana tetapi tetap menarik bagi tamu untuk berfoto.

Dalam menyiasati anggaran, calon pengantin juga bisa melakukan survei dulu untuk harga perlengkapan pernikahan, termasuk survei di mana barang tersebut dijual lebih murah

jika dibeli dalam jumlah banyak sehingga dapat memperkirakan anggarannya.

 

Dibuat oleh – Cahyono Aocrp-4.org

 

You may also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *