MAKAN DURIAN ATAU NANAS SAAT HAMIL PICU KEGUGURAN

MAKAN DURIAN ATAU NANAS SAAT HAMIL PICU KEGUGURAN

aocrp-4.orgMAKAN DURIAN ATAU NANAS SAAT HAMIL PICU KEGUGURAN
,Di masyarakat masyarakat beredar banyak sekali mitos tentang kehamilan. Termasuk salah satunya adalah ibu hamil dilarang makan nanas atau durian karena dikhawatirkan mengalami keguguran.

Anggapan tersebut ternyata sebatas mitos. Ibu hamil sebetulnya masih diperbolehkan mengonsumsi nanas dan durian.

“Kandungan nutrisi dalam nanas justru baik sekali. Ada Vitamin C, zat besi, asam folat, magnesium, tembaga, dan lainnya yang baik untuk ibu hamil.

Demikian diungkapkan oleh ahli gizi dari multivitamin YOUVIT, Rachel Olsen dalam peluncuran YOUVIT MultiMum di Mal Kota Kasablanka, kemarin.

Begitu pula dengan durian. Durian memiliki kadar kolesterol nol dan justru mengandung asam lemak omega 3 alias lemak baik.

Namun, kata Rachel, porsi konsumsi nanas dan durian bagi ibu hamil memang perlu dijaga. Sebab, nanas dan durian memiliki angka kalori dan indeks glikemik yang tinggi serta rendah serat.

Selain nanas dan durian, jenis buah lainnya yang juga tinggi kalori dan indeks glikemik adalah semangka, mangga, dan pisang.

Yang penting asupan dan porsi dijaga. Satu mangkuk (sehari) atau tiga biji durian saja. Jangan lebih,” tutur dia.

Para ibu hamil disarankan lebih memperbanyak konsumsi buah tinggi serat, seperti alpukat, pir, apel, berries, dan lainnya.

Sebab, kebutuhan serat pada ibu hamil cenderung lebih tinggi karena mudah mengalami sembelit.

MAKAN DURIAN ATAU NANAS SAAT HAMIL PICU KEGUGURAN

“Karena ketika hamil kan (bayi) mendorong usus karena butuh ruang. Mendorong usus sehingga susah mengeluarkan makanan yang ada di usus, makanya perlu serat lebih banyak,” kata aocrp-4.org.

Namun, secara umum Rachel mengingatkan agar para ibu hamil tidak lupa memastikan buah-buahan yang akan dikonsumsi tercuci bersih dan merebus sayuran yang akan disantap.

“Buah lebih baik dicuci bersih dulu, sayuran juga jangan sampai terlalu mentah dan tidak benar-benar dicuci,” ucap dia.

Saat hamil, seorang perempuan akan mendengar banyak pendapat dan saran dari anggota keluarga, teman, bahkan orang lain tentang kehamilannya. Salah satu saran yang biasa diberikan adalah tidak boleh makan nanas selama kehamilan, karena bisa menyebabkan keguguran, atau persalinan lebih cepat.

Kandungan ini dapat memecah protein dalam tubuh dan menyebabkan pendarahan abnormal. Tapi, jumlah bromelain dalam satu porsi nanas tidak akan mempengaruhi kehamilan. Bayangkan saja, untuk mendapatkan efek yang sama dengan tablet

mengandung bromelain, ibu hamil harus makan antara 7-10 butir nanas segar sekaligus. Nah, tidak mungkin kan ibu hamil makan nanas sebanyak itu bukan? Jadi intinya, asupan normal tidak mungkin memengaruhi kehamilan.

Jadi, makan nanas mungkin tidak berbahaya, tapi makan dalam jumlah besar bisa menimbulkan efek yang tidak nyaman. Hati-hati jika perut kita memang sensitif. Asam dalam nanas bisa memberi rasa panas atau refluks.

You may also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *