Beberapa Kasus Obesitas Di Indonesia

Dalam beberapa tahun terakhir kasus obesitas atau kelebihan berat badan mencuat di Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Terdapat empat kasus dan dua di antaranya dapat ditangani sedangkan lainnya berakhir tragis, penderitanya meninggal dunia.Beberapa Kasus Obesitas Di Indonesia

Beberapa Kasus Obesitas Di Indonesia

Kasus pertama obesitas di Karawang terjadi pada Arya Permana. Dua tahun lalu, berat badan Arya mencapai 192 kilogram.

Perkembangan Arya relatif cukup baik, mengingat saat ini bobot badannya mulai menyusut.

Saat ini, Arya yang kini berusia 13 tahun memiliki berat badan 91 kilogram.Beberapa Kasus Obesitas Di Indonesia

Arya yang semula nyaris tidak beraktivitas, hanya dapat berjalan 2 kilometer, kini sudah masuk SMPN 2 Pangkalan, bahkan bisa bermain bola dan berenang bersama teman-temannya.

Penurunan berat badan Arya ditempuh dengan berbagai upaya, di antaranya menjauhi makanan manis, menjaga pola makan, hingga operasi penyempitan lambung .

Ade Somantri, ayah Arya, mengatakan, Arya telah menjalani operasi penyempitan lambung di RS Omni Alam Sutera, Tangerang, pada April 2017 lalu. Itu yang menyebabkan Arya saat ini gampang kenyang.

“Lambungnya hanya disisakan 30 persen dari ukuran semula,” ujar Ade.

Kedua, kasus obesitas menimpa Yudi Hermanto, pasien dengan berat 310 kilogram. Yudi meninggal dunia. Sebelum meninggal, Yudi sempat putus asa dengan penyakit obesitas yang dideritanya. Sebab, di tengah keterbatasan ekonomi, berat badannya justru naik menjadi 310 kilogram.

Yudi kemudian mendapat bantuan berobat oleh Pemkab Karawang. Hanya saja, Yudi tak bertahan. Dia dinyatakan meninggal pada Desember 2017 lalu, setelah mengalami sesak nafas dan kejang-kejang. Yudi meninggal setelah sempat sepekan mendapat perawatan di RSUD Karawang.

You may also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *