Penghapusan Kebijakan Bagasi Cuma Cuma Oleh Grup Lion Air

Penghapusan Kebijakan Bagasi Cuma Cuma Oleh Grup Lion Air

Group Lion Air mengeluarkan kebijakan penghapusan free bagasi untuk penerbangan domestik Lion Air dan Wings Air, mulai 8 Januari 2018.Penghapusan Kebijakan Bagasi Cuma Cuma Oleh Grup Lion Air

Merespons hal tersebut, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengaku akan meninjau kebijakan penghapusan free bagasi itu, sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) atau tidak.

Penghapusan Kebijakan Bagasi Cuma Cuma Oleh Grup Lion Air

“Untuk keputusan free bagasi tersebut tentu ada aturannya. Kita akan lihat apa yang mereka sampaikan,

kita akan lihat regulasinya seperti apa. Apakah itu melanggar itu akan kita perbaiki,” jelas dia di Depok, Jawa Barat, Sabtu (5/1/2019).

Sampai saat ini, dikatakan Menhub Group Lion Air belum melakukan komunikasi sama sekali dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terkait kebijakan bagasi tersebut.”Belum, kita akan lihat dan atur supaya mereka tidak menyalahi aturan,” ujar dia.

Selain bagasi, Budi Karya memastikan jika hal penting yang menjadi perhatian terkait keselamatan penumpang, yang tidak boleh diabaiikan Group Lion Air.

“Jadi ya sebenarnya begini. Pada dasarnya kalau mereka tidak merugikan masyarakat,

mestinya ya tidak apa-apa. Kedua yang tidak boleh dilangar adalah safety, jadi beberapa kreteria akan kita lihat kembali,” pungkasnya.

Maskapai Lion Air dan Wings Air resmi cabut pemberlakuan gratis (free baggage allowance) kapasitas 20 kilogram (kg) pada 8 Januari 2019.

Kebijakan tersebut diberlakukan sampai batas waktu yang tidak ditentukan (until further notice/ UFN). Ketentuan barang bawaan dan bagasi, antara lain seluruh penerbangan domestik Lion Air tidak diberlakukan cuma-cuma 20 Kg per penumpang. Sementara untuk Wings Air penerbangan domestik tidak diberlakukan bagasi cuma-cuma untuk 10 kg perpenumpang.

“Bila sebelumnya free baggage allowance 20 kg dan 10 kg per penumpang, aturan barunya tidak lagi,” ujar Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro.

You may also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *