Melihat Dalam Kokpit Pesawat Airbus A220

Pernah bertanya-tanya apa yang semua switch, cepat dan tuas lakukan di kokpit pesawat terbang?
Kami juga melakukannya, jadi kami meminta seorang pilot.
Gerhard Ramcke, dari maskapai penerbangan Latvia, AirBaltic, tur dek penerbangan pesawat baru Airbus A220-300 saat pesawat tersebut memulai debutnya awal tahun ini.
Kontrol pesawat super-modern memiliki sedikit kemiripan dengan mekanisme kikuk yang ditemukan di pesawat lama meskipun – A220-300 sepenuhnya digital.
Touchscreens canggihnya lebih menyerupai sesuatu dari pesawat ruang angkasa daripada pesawat terbang.

“Ini kokpit kaca penuh,” kata Ramcke, menunjuk di sekitar dek penerbangan. “Tidak ada instrumen putaran lagi. Semua data diproyeksikan ke layar ini.”
Sistem Manajemen Penerbangan A220 adalah sistem komputer yang mengotomatiskan berbagai tugas pencahayaan.
Ini dapat menentukan posisi pesawat dan, sejalan dengan rencana penerbangan, menghitung kursus yang harus diikuti oleh pesawat – autopilot yang sangat pintar.
Sementara itu, Flight Control System menghubungkan side-stick, throttle dan pedal, yang digunakan pilot untuk manuver pesawat.
Panel overhead, kata Ramcke, “mengoperasikan semua sistem.”

“Jika kami akan pergi untuk lepas landas sekarang, kami akan memastikan bahwa semua panel diatur sesuai, maka kami akan mengatur FMS, maka kami akan mengatur peta kami sesuai,” ia menjelaskan.
“Pada saat takeoff berjalan sendiri, kami akan menempatkan kekuatan ke posisi tertentu, periksa bahwa nilai mesin stabil, dan kemudian sistem autothrottle akan mengambil alih dari sana.”
Setelah menggunakan side-stick untuk memutar pesawat ke nilai pitch yang benar, Ramcke akan melanjutkan lepas landas.
“Dan pada titik tertentu,” tambahnya, “meskipun saya ingin melakukan seluruh penerbangan secara manual, saya akan mengaktifkan autopilot.”

You may also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *