Koin Emas Kuno Romawi

AFP mewartakan pada Senin (10/9/2018), awalnya gedung itu merupakan tetater yang diresmikan pada 1870, kemudian diubah menjadi bioskop hingga akhirnya tutup pada 1997. Selanjutnya, bangunan bioskop dihancurkan untuk pembangunan permukiman mewah. Saat proses itulah, pekerja menemukan koin-koin emas.

“Kami belum tahu rincian sejarah dan budaya dari penemuan ini, yang kini menjadi harta berharga bagi arkeologi kami,” kata Menteri Kebudayaan Alberto Bonisoli di Facebook. Melansir CNN, sekitar 300 koin emas itu dimasukkan ke dalam wadah dan dipendam di tanah. “Uang dipendam sedemikian rupa sehingga ketika dalam bahaya,

mereka bisa pergi dan mengambilnya,” kata ahli koin langka, Maria Grazia Facchinetti. Koin-koin tersebut memiliki ukiran wajah kaisar Honorius, Valentinian III, Leon I, Antonio, dan Libio Severo. Dengan begitu, koin kemungkinan berasal dari tahun-tahun sebelum 474 M.

Kementerian tidak merilis nilai dari koin, namun laporan media Italia menunjukkan kemungkinan nilainya mencapai jutaan dollar AS. Dengan penemuan koin emas dari abad ke-5, kini pekerjaan konstruksi ditunda untuk penggalian lebih lanjut.

You may also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *