Luar Biasa, Penemuan Hewan Paling Unik di Samudera

Luar Biasa, Penemuan Hewan Paling Unik di Samudera

Cuma sebagian kecil wilayah ini sudah dieksplor dan banyak ditemukan sesuatu yang mengagumkan.

Planet yang kita tinggali ini masih banyak yang belum dieksplorasi. Bumi memang planet yang sebagian besar wilayahnya berupa perairan daripada daratan. Nggak heran kalau masih banyak misteri di samudera yang belum terungkap.

Meskipun kini zaman sudah semakin modern dan teknologi sudah maju, manusia belum sepenuhnya menjelajahi dunia yang ada di bawah air ini. Hingga saat ini pun, hanya sebagian kecil wilayah yang sudah dieksplor dan banyak ditemukan sesuatu yang dinilai unik dan luar biasa.

Penasaran apa saja penemuan-penemuan unik ini? Yuk simak penemuan paling unik di samudera :

1. Hiu Goblin

Hiu Goblin sejauh ini merupakan spesies paling berbeda dalam keluarganya dikarenakan penampilannya itu. Sekilas, bentuknya seperti alien yang ada di film-film fiksi ilmiah. Moncongnya menyerupai bentuk pisau dan rahangnya memilih 35-53 gigi bagian atas dan 31-62 pada barisan bawah.

Ukuran panjangnya ketika sudah dewasa antara 3-4 meter dan beratnya sekitar 200 kilogram. Hiu ini juga disebut sebagai hewan purba dari masa Cretaceous yang masih belum punah hingga kini.

2. Cumi-cumi vampir

Mendengar namanya, mungkin kamu akan berfikir kalau ukurannya besar. Padahal sebaliknya, cumi-cumi ini memiliki ukuran yang kecil. Cumi-cumi vampir ukuran dewasa hanya berukuran sekitar 6 inci panjangnya. Selain itu, hewan laut ini merupakan spesies kuno dan satu-satunya anggota keluarga Vampyromorphida yang tersisa.

Bahkan, hewan unik ini memiliki organ penghasil cahaya yang memungkinkan untuk menyala dan padam kapan pun ia inginkan. Kedelapan lengannya dilapisi dengan duri dan cangkir hisap. Hewan ini merupakan makhluk laut dalam, jadi kebiasaan makan dan reproduksinya tidak diketahui secara keseluruhan.

3. Hiu berjumbai atau frilled shark

Hiu ini kalau dilihat-lihat malah seperti seekor ular laut dalam daripada ikan karena bentuknya. Ya selain memiliki bentuk yang unik, hiu ini memiliki cara bergerak di air yang menarik. Berbeda dengan hiu biasanya, makhluk satu ini melayang di air dan diyakini bisa menyerang mangsanya layaknya ular.

Hingga kini belum ada yang bisa merekam bagaimana ia makan sehingga asumsi yang dibuat ilmuwan lebih kepada bentuk tubuhnya. Hiu berjumbai ini ditemukan pada kedalaman 390-4.200 kaki di bawah lautan dan ukuran tubuhnya maksimal mencapai 6,4 kaki.

4. Dumbo octopus atau gurita dumbo

Gurita ini merupakan spesies yang hanya ditemukan di laut dalam. Mereka diketahui tinggal jauh di bawah samudera di kedalaman 13.100 kaki dan gerakannya lebih lamban daripada gurita biasanya. Selain itu, hewan laut unik ini menggunakan lengan kecil mereka yang lucu untuk dikendarai dan sirip mungilnya untuk mendorong mereka ke depan.

5. Barreleye

Salah satu spesimen laut dalam paling luar biasa yang pernah ditemukan adalah ikan yang diberi nama Barreleye ini. Dengan kepala transparan yang membuat isi dalam kepalanya terlihat dengan jelas. Ikan laut dalam ini juga memiliki kemampuan adaptasi yang luar biasa terhadap lingkungan tempat tinggalnya.

Penelitian baru-baru ini menunjukkan kalau Barreleye mampu memutar matanya dalam penutup transparan di atas kepalanya. Mata tubularnya sangat sempurna untuk lingkungan yang gelapa tempat ia hidup karena mampu mengumpulkan cahaya.

LIHAT JUGA :

Langka, Kucing Ini Terlahir dengan 3 Mata dan 2 Mulut

You may also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *